6/08/2011

KONSEP MEMBUAT USAHA

A.    MENYUSUN STRATEGI
Strategi merupakan langkah, taktik atau tindakan yang harus ada dalam sebuah usaha. Suatu usaha yang ingin bersaing, tentunya usaha itu harus memiliki sebuah managemen yang bagus, baik, operasi yang lebih baik terutama terhadap pelayanan, kemudian memiliki produk yang berkualitas tinggi dan baik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, komunikasi dan informasi yang jelas.

B.     IDENTIFIKASI KAPABILITAS
Kapabilitas utama itu mencakup: kapasitas penelitian/inovasi, perencanaan dan control financial, kapabilitas sumber daya manusia, keahlian pemasaran dan administrasi, pengetahuan tentang produk dan keahlian dalam pelayanan.

C.     IDENTIFIKASI PENGARUH EKSTERNAL
Yang berupa faktor ekonomi, faktor teknologi lingkungan, kecenderungan supplier dan demografi dan yang lebih penting adalah menemukan area kelemahan kita.

D.    ANALISA POSISI TERHADAP COMPETITOR
Mencari informasi yang jelas tentang pasar, kemudian ukurlah posisi usaha. Untuk mengukur dan menganalisa posisi competitor, kita harus mengenal tentang: Keunggulan produk kita, Harganya, Ketersediaan, Pelayanan kepada pelanggan, kebijakan untuk perkembangan berkesinambungan dan kondisi pasar.

E.     BEDA DENGAN YANG LAIN
Artinya kita punya produk, metode, ide yang berbeda dengan competitor. Semisal punya Lembaga Pendidikan Komputer yang rata rata hanya Program Microsoft Offce, kita harus beda Yaitu program program yang siap kerja atau Program yang bisa membuat /mendirikan usaha sendiri (Design Graphic, Animasi, teknisi, pembrograman, Editing Video)

F.      LOKASI / TEMPAT USAHA
Pemilihan tempat lokasi atau tempat usaha adalah salah satu elemen penting juga untuk pembangunan usaha Kita.

Oleh : Pak Awiek Hadi Widodo


Artikel Terkait

1 comments:

CaraBisnisPulsa said...

Bikin usaha jual pulsa aja gan...!!

CaraBisnisPulsa Terimakasih sudah berkomentar di » KONSEP MEMBUAT USAHA

Post a Comment