5/28/2011

Jenis Dan Dampak Buruk Narkoba

"Adiksi atau ketergantungan terhadap Narkoba merupakan suatu kondisi di mana seseorangmengalami ketergantungan secara fisik dan psikologis terhadap suatu zat  adiktif dan menunjukkan tanda-tandasebagai berikut (DSM IV, 1994)"

  • Adanya proses toleransi, individu membutuhkan zat yang dimaksud dalam jumlah yang semakin lama semakin besar, untuk dapat mencapai keadaan fisik dan psikologis seperti pada awal mereka merasakannya.
  • Adanya gejala putus zat (withdrawal syndrome) seperti individu akan merasakan gejala-gejala fisik dan psikologis yang tidak nyaman apabila penggunaan zatnya dihentikan. Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan bahan / zat adiktif lainnya.
  • Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Contoh : Heroin (Putaw), Morphin, Ganja (Marijuana)
  • Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintesis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku. Contoh : amphetamine dan ATS (Amphetamin tipe stimulant) seperti shabu, extacy dan obat penenang. (Yuridis : UU nomor 5 tahun 1997).
  • Bahan Adiktif berasal dari tanaman maupun bukan tanaman, sintetis maupun bukan sintetis, yang dapat menimbulkan ketergantungan seperti nikotin yang terdapat dalam tembakau, alkohol dalam minuman beralkohol, termasuk inhalan antara lain lem aica aibon, tinner, bensin, spirtus, jamur kotoran kerbau dan kecubung.

Zat psikoaktif yaitu suatu zat yang jika masuk ke dalam tubuh akan merubah fungsi dan struktur organ tubuh, juga berpengaruh pada otak sehingga dapat menimbulkan perubahan : sistem kesadaran, sistem pola pikir, sistem perasaan, sistem persepsi panca indera dan perilaku.


Dampak buruk Narkoba


a. Dampak buruk pada fisik
  1. Daya tahan tubuh terhadap macam-macam penyakit menurun seperti mudah terkena penyakit paruparu,ginjal, hati, pencernaan, kelainan darah.
  2. Gagal ginjal
  3. Perlemakan hati, pengerutan hati, kanker hati
  4. Rentan terhadap berbagai penyakit hepatitis B, C, dan HIV/AIDS
  5. Cacat janin
  6. Impotensi
  7. Gangguan menstruasi
  8. Pucat akibat kurang darah (Anemia)
  9. Penyakit lupa ingatan / pikun
  10. Pendarahan lambung
  11. Radang Pangkreas
  12. Radang Syaraf
  13. Mudah memar
  14. Menyebabkan kematian.

b. Dampak buruk pada mental (Psikologis)

  1. Emosi tidak terkendali
  2. Curiga berlebihan sampai pada tingkat waham (tidak sejalan antara pikiran dengan kenyataan)
  3. Selalu berbohong
  4. Tidak merasa aman
  5. Tidak mampu mengambil keputusan yang wajar
  6. Tidak memiliki tanggung jawab, lepas tanggung jawab tapi menuntut hak.
  7. Merasa tidak ada yang peduli dan tidak ada yang mengerti, hidup seperti mimpi dan terjadi begitu saja, mendramatisir rasa kesepian.
  8. Kecemasan yang berlebihan dan depresi
  9. Ketakutan yang luar biasa
  10. Hilang ingatan (gila)

c. Dampak buruk pada sosial
  1. Hubungan dengan keluarga, guru, dan teman serta lingkungannya terganggu
  2. Mengganggu ketertiban umum
  3. Selalu menghindari kontak dengan orang lain
  4. Merasa dikucilkan atau menarik diri dari lingkungan positif
  5. Tidak peduli dengan norma dan nilai yang ada
  6. Melakukan hubungan seks secara bebas
  7. Melakukan tindakan kekerasan, baik Fisik, psikis, maupun seksual
  8. Mencuri.

    Sumber : www.pakdenono.com


Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment