6/24/2011

Keluh Kesah

Sering kali bahkan tanpa kita sadar kata-kata "Aah..", "Aduh", "Sayang sekali", "Kenapa yah?", "Koq aku dapet masalah terus?", dan kalimat-kalimat lainnya yang terkesan "Keluhan" keluar dari bibir kita. Kata-kata ringan tapi punya makna belum bisa menerima apa setulus hati apa yang sedang dialaminya, entah itu ujian dalam bentuk musibah besar atau yang kecil sekalipun. 

Satu ketika seorang sahabat bertutur, "Kenapa yah koq akhir-akhir ini berbagai musibah menimpaku? Ditambah lagi teman-teman mulai kurang perhatian padaku dan aduh aku jadi tidak dipercaya. Ada yang bilang kurang perhatianlah, nggak adillah, inilah itulah. Aku jadi bingung. Padahal aku sudah berusaha berbuat apa yang aku bisa. Aku jadi sedih. Kenapa semua berakhir seperti ini?"
Seseorang yang mulanya berniatan mulia, ketika mendapat tekanan-tekanan dari sekelilingnya bisa saja mengeluarkan penuturan seperti di atas. Di satu sisi dia ikhlas menerima apa yang sedang dialaminya, tapi disisi lain ada bisikan-bisikan yang membuatnya menyesali keadaan. 

Keluh kesah yang terpancar lebih disebabkan karena mengikuti dorongan hawa nafsu, tidak mampu menahan rasa pedih atau emosi batin, kurang bersyukur terhadap nikmat yang begitu banyak dibandingkan bencana yang baru menimpa, atau karena kelemahan iman terhadap qadha dan qadar, sehingga tidak memahami hikmah dibalik bencana tersebut. 

Kenapa sih mesti ada musibah? Musibah itu adalah sarana ujian atas prestasi keimanan seseorang. Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang yang paling besar mendapat ujiannya adalah para nabi, kemudian para syuhada, kemudian orang-orang setingkat dengannya." Disamping itu, musibah merupakan sarana untuk mengukur kebenaran iman. Alloh menurunkan musibah agar kita benar-benar bisa mengukur apakah benar kita beriman atau tidak? atau bisa jadi musibah diturunkan sebagai azab atas kemaksiatan dan kekufuran agar kita menjadi jera. Bukankah diturunkannya azab di dunia lebih baik dari pada di akhirat kelak? Agar kita lebih dulu menyadari kesalahan dan dosa-dosa kita. Subhanalloh betapa cintanya Alloh pada orang-orang yang mendapat musibah dan berhasil memupuk kesabaran atas dirinya. Alloh berfirman dalam surat Ar-Rum:41, "Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan oleh perbuatan tangan manusia, supaya Alloh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar." 

Kunci utama dari pemecahan masalah ini adalah sabar, yaitu menahan diri dari keluh kesah, amarah, apalagi dari harapan mendapat belas kasihan dari orang lain. Rasulullah SAW bersabda, "Sabar itu tatkala menghadapi ujian musibah yang pertama." Karena pada saat-saat itulah Alloh menguji iman seseorang, apakah dia berhasil melawannya dengan mengembalikan segala urusannya pada Alloh dan memendam emosinya dalam-dalam, atau malah semakin larut dalam duka yang berkepanjangan hingga selalu merasa gelisah. 

Apakah bersabar dengan memendam emosi dapat menyelesaikan masalah? Tentu saja belum. Setidaknya dengan memendam emosi, ada perasaan tenang di hati kita. Ketika perasaan tentram itu datang, akan ringanlah bagi kita untuk berpikir jernih. Ketika ujian kesabaran telah kita lewati, selanjutnya kita harus mencek dan ricek kembali apa hakikat dari musibah-musibah yang telah kita alami.
Mari kita telaah setiap permasalahan / musibah yang sedang kita hadapi, agar kita terbebas dari penyakit keluh kesah, dengan:
  • Menjauhi semua penyebab timbulnya penyakit keluh kesah.
  • Mempelajari akibatnya.
  • Memahami makna sabar dan seluruh manfaatnya.
  • Meyakini bahwa cobaan adalah takdir dari Alloh yang terbaik bagi kita, dan kelak akan terbukti hikmahnya.
  • Menahan emosi semaksimal mungkin sehingga tidak menimbulkan reaksi negatif terhadap tindakan fisik.
  • Jika masih ada rasa kesal, segera beranjak dari tempat duduk, ambil air wudhu dan baca istighfar sebanyak 3 kali.
  • Berdoa, "Ya Alloh, selamatkanlah aku dalam musibahku ini, dan semoga engkau menggantinya dengan sesatu yang lebih baik daripada ini."
  • Selalu bersyukur akan nikmat yang diterima.
Bagaimanapun musibah menuntun kita kejalan yang lebih baik dan lewat musibahlah Alloh mengabulkan do'a yang sering kita panjatkan, "Ya Alloh, tuntunlah kami ke jalan yang benar, jalan yang Engkau ridhoi." Agar kita tergolong orang-orang yang beruntung dikehidupan mendatang. Semoga kita bisa mengganti kata Aduh, Sayang Sekali, Kenapa Yah? dengan kata-kata yang lebih punya makna seperti "Masya Alloh", "Astaghfirullah", dan kata-kata lain yang lebih bisa menentramkan hati kita. Wallahu a'lam bishawab.

From : Qudwah, bahan bacaan: Penyakit Hati, Uwes Al-Qorni


Artikel Terkait

59 comments:

FZABoyZ said...

tips tips yg mas tulis.kadang kadang saya lakukan.
tpi klo masalahnya berat saya tinggal tidur aja.hehehe

FZABoyZ Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Ladida Cafe said...

itulah sebabnya semua motivator bahkan agama, menganjurkan kita utk ttp positif thinking, meskipun kadang kita khilaf, tapi kalo dibiasakan bisa sepertinya . .

Ladida Cafe Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Mustofa (NewBie) said...

@ FZABoyZ : klo emang ada yg berat ditinggal tidur gpp, tp stlah bangun tidur janga lupa diamalin lagi ya.... hehe.
@ Ladida : Jempol Buat Anda Masbro... hehe..

Mustofa (NewBie) Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
randy oktaran said...

saya sering kali mengalami berkeluh kesah disatu sisi bila cuma kita yang mengalaminya dan bukann dikasih tau asma orang lain bisa menyebabkan diri kita down,tapi bila keluh kesah kita dicurhatkan sama orang yang tepat bisa membuat tekanan batin berkurang .Orang yang bisa kita ajak curhat untuk mendengarkan curhatan kita yg terbaik adalah ibu kita sendiri,kalau curhat terbaik ya curhat dengan Tuhan (Allah swt ) lwat DOA

randy oktaran Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
vheytha said...

hendaknya kita selalu bersyukur agar tidak berkeluh kesah :)

vheytha Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Nurcahyaku2.co.cc said...

Selamat malam, terima kasih kawan kunjungannya :)

Nurcahyaku2.co.cc Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Anonymously said...

Intinya adalah, kita adalah apa yang kita pikirkan... bersyukur itu tetep nomer satu. berapapun jumlah yang diterima teteplah bersyukur... Mantap gan postingannya.

Anonymously Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
sichandra said...

Tuhan memberikan kita ujian agar kita mampu merasakan indahnya hidup..

sichandra Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Yapen Computer Serui said...

Sangat manusiawi kawan,kadang kitapun tak sadar.Benar sob,bersandarlah hanya kepada Allah! Nice post!
Iya kawan followku di 113,folback nya kutunggu!Makasih ya!

Yapen Computer Serui Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Mustofa (NewBie) said...

@ randy oktaran: masbro kq kaya'na bisa sangat terbuka sekali dgn Ibunya itu kuncinya apa lho??? hehe...

@ vheytha: dan juga bersabar tentunya...

@ Nurcahyaku2.co.cc: Sama2 kawan..

@ Anonymously: Setuju sob, dan jg jadilah kita orang yang Proaktif...

@ sichandra: Sip.., Segala nikmat dan juga coba'an dari Tuhan hendaknya Selalu kita Syukuri, karena dgn bgitu kita baru bisa merasakan indayhnya hidup ni..

@ Yapen Computer Serui: memang manusiawi sih, tp alangkah baiknya kalo kita belajar sedikit demi sdikit untuk tidk berkeluhkesah,,, ^_^

Mustofa (NewBie) Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Ikkhy said...

Berkunjung balik skaligus menawarkan tukeran link..
kalo berminat tinggalkan jejak di http://ikkhybieber.bogspot.com :)

Ikkhy Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
randy oktaran said...

@Mustofa,gag tau tuh mas saya memang lebih dekat ke Ibu daripada Ke ayah,hemmm padahal saya jauh dari mereka

randy oktaran Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Mustofa (NewBie) said...

@Randy oktaran : Kalo saya malah deketnya ama Bapak,
Sama2 jauh dr mereka,,,, kalo tlpon, ibu' jarang mw ngobrol dgn saya,,,, ;(

@ Ikkhy : Siap ukhty... Makasih,,

Mustofa (NewBie) Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Naganiel said...

Syukuri apa adanya kata D'Masive... Ane kalau ada masalah langsung nyanyi aja sambil main gitar. Kadang kala inspirasi muncul di saat seperti itu sehingga tercipta sebuah lagu :)

Naganiel Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Bangjal Dua Tiga said...

komen perdana gan..

salam kenal

Bangjal Dua Tiga Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
vheytha said...

Assalamu'alaykum..mau mengabarkan kalau ada award sahabat untuk sahabat2 saya kunjungi http://aufalatifah.blogspot.com/2011/07/blogger-friendship-award.html semoga berkenan mengambilnya :)Wassalamu'alaykum...

vheytha Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Majalah Masjid Kita said...

banyak bersyukur dan mulai untuk bisa mengurangi sedikit demi sedikit keluhan demi keluhan :(

Majalah Masjid Kita Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
R. Indra Kusuma Sejati said...

Dibalik setiap kesabaran ada pertolongan yang nyata bagi mereka yang tidak berkeluhkesah ya Sob ?

Sukses selalu
Ejawantah's Blog

R. Indra Kusuma Sejati Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
FridiGraph said...

wuah komen yang di atas-atas keren banget
top deh

Salam dari blogger Jogja :)

FridiGraph Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
randy oktaran said...

hello sobat ada award nih buat kamu diterima dan semangat lagi ngeblognya yahh :D

randy oktaran Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
vheytha said...

lama nich ga update sob...

vheytha Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Er'end said...

Sory sob,saya baru bisa hadir kesini.Apa kabar?
Keluh Kesah adalah karakteristik manusia, tidak ada satupun manusia di muka bumi ini yang terlepas dari berkeluh kesah. Lihatlah, mereka yang dikaruniai rizki yang berlimpah, mereka masih merasa kurang, bahkan tidak jarang mereka masih sering mengatakan”Seandainya materiku bertambah, aku merasa lebih gagah dan bisa berbuat lebih baik dengan rizki itu”. Ini adalah indikasi bahwa orang itu masih berkeluh kesah, kurang mensukuri anugerah Allah.Janganlah berkeluh kesah karena agama pun melarangnya.Nice post.

Er'end Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
terapi alami maag said...

terimakasih dengan adanya artikel ini pengetahuan saya bertambah ditunggu artikel berikutnya ya

terapi alami maag Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Obat Herbal Aman said...

mantap artikelnya...

Obat Herbal Aman Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Agen XAMthone Plus said...

terimakasih atrikelnya bermanfaat...

Agen XAMthone Plus Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Solusi Sehat Herbal atau Alami said...

di tunggu artikel baru selanjut nya...

Solusi Sehat Herbal atau Alami Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Agen Penjual Obat Herbal Online said...

Mengucapkan good post..

Agen Penjual Obat Herbal Online Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat herbal stroke said...

tanks to articel....

obat herbal stroke Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Obat Herbal Penyakit Kanker Hati said...

artikel artikel yang bermanfaat ....tanks ya

Obat Herbal Penyakit Kanker Hati Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat herbal jantung koroner said...

articel nya bermanfaat..

obat herbal jantung koroner Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
darah manis said...

mantaf !

darah manis Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
dara manis said...

Keluh kesah

dara manis Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat herbal aman said...

artikelnya bermanfaat gan.....

obat herbal aman Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Agen XAMthone Plus said...

asi indo ya gan ?

Agen XAMthone Plus Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat alternatif unntuk penyakit said...

di tunggu artikel terbaru nya gaann..

obat alternatif unntuk penyakit Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat untuk kanker said...

yang baru udah di buat belum gaan?

obat untuk kanker Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
solusi pengobatan penyakit kronis said...

ijin ngopi salah satu artikelnya gaan ...tanks

solusi pengobatan penyakit kronis Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Obat Tradisional Tumor Rahang said...

informasi yang sangat bermanfaat dan menarik tuk di simak

Obat Tradisional Tumor Rahang Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Pengobatan Untuk Penyakit Ginjal said...

Keluh Kesah + Resah Wah Kacau Deh ..

Pengobatan Untuk Penyakit Ginjal Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Ajay Xamthone said...

Kapan Update lagi Posting??
Ditunggu nihhh

Ajay Xamthone Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
haris widodo said...

ok bro, isinya blog tentang motivator, hampir sama dengan blogku.

haris widodo Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
agen gamat luxor said...

artikel2 nya menarik gan..di tungu artikel2 selanjutnya

agen gamat luxor Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Obat herbal amandel said...

sama kayak susah sedih + kacaw intinya keluh kesah deh..

Obat herbal amandel Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Pengobatan Disfungsi Ereksi Herbal said...

ada artikel yang lebih keluh kesah lagi g gan di tunggu deeh..

Pengobatan Disfungsi Ereksi Herbal Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
vheytha said...

Assalamu'alaykum..sahabatq gimana kabarnya? lama tak kunjung kesini aku...maaf ya...

vheytha Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Urang Kampoeng said...

mantap sob..emang bersabar itu adalah kuncinya, tapai bersabar juga ada batasnya. nah itu yg sulit.he

Urang Kampoeng Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Outbound di Malang said...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Outbound di Malang Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
henny said...

ada masalah apa perlu berdoa, bersyukur, bersabar, thanks tips nya

henny Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
vheytha said...

Assalamu'alaykum...kawan, gimana kabarnya? lama tak kunjung?.. :)

vheytha Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
vheytha said...

Pandanglah sesuatu juga dari sudut pandang orang lain, jika itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin itu juga menyakiti orang lain itu juga,semangat pagi kawan - kawanku :) selamat beraktivitas....

vheytha Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Agen Koyo Penyerap Toxin said...

Share gan.

Koyo kaki penyerap racun tubuh produk Green Life Foot Patch Gold merupakan sebuah lembar koyo produk unggulan silahkan cek ke agenkoyo.blogspot.com

Agen Koyo Penyerap Toxin Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat penyakit jantung herbal said...

jangan slalu ada pikiran jelek pada diri sendiri atau orang lain,berpikir yang baik-baik aja

obat penyakit jantung herbal Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
cara penyembuhan jantung koroner said...

positif tingting aja deh tuk berpikirnya

cara penyembuhan jantung koroner Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
obat mujarab asam urat said...

banyak mengeluh tak akan bisa menikmati hidup ini,tapi kalo kita lebih banyak bersyukur akan sangat terasa banyak manfaat hidup ini

obat mujarab asam urat Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
terapi kanker paru said...

harus banyak bersyukur,,dan akan tersa hidup ini lebih mudah

terapi kanker paru Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Anonymous said...

ads classified classifieddownload blog blog blog blog SEO SEO

Anonymous Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Obat Penyakit Sakit Pinggang said...

nice artikel gan, sukses selalu ya.

Obat Penyakit Sakit Pinggang Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
Vita Ayu Kusuma Dewi said...

Assalamu'alaykum..
Lama tak main kesini, bagaimana kabarnya?


http://aufalatifah.blogspot.com/2013/12/4th-day-japan-snow-and-wind.html

Vita Ayu Kusuma Dewi Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah
sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

sherlina halim Terimakasih sudah berkomentar di » Keluh Kesah

Post a Comment